Rabu, 10 Maret 2010

Sharing Internet: Modem HP + Kabel UTP

Berhubung tulisan ini sifatnya tutorial, yang akan diikuti secara bertahap, jadi langsung saja yach… GPL (ga pake lama), hehe...

Pada tulisan ini akan dijelaskan bagaimana membagi koneksi internet dua buah PC dengan satu jalur koneksi ke internet menggunakan modem HP secara simpel pada Windows XP. Berikut perlengkapan yang diperlukan.
  1. Dua buah PC (sudah terpasang LAN card) atau dua buah notebook/laptop yang memiliki colokan kabel UTP.
  2. Ponsel yang bisa difungsikan sebagai modem.
  3. Sebuah kabel UTP (tipe PC-to-PC), bisa dibeli di toko-toko komputer koq. Yang penting beli yang tipe PC-to-PC.. Karena di sini hanya akan menghubungkan dua buah PC secara langsung.
  4. Software AnalogX proxy. Aplikasi proxy simpel untuk sharing internet. Dapat diunduh di sini.
Oke, mari kita mulai… hehe…
Skenario tutorialnya seperti ini yach..
  1. Dua PC/laptop sebelumnya, satu difungsikan sebagai server dan satunya sebagai client.
    Asumsi: Kedua PC/laptop sudah dikonfigurasi agar berada pada satu jaringan. Misal: IP server = 10.0.0.1 dan IP client = 10.0.0.2 dengan subnetmask 255.255.255.0.
  2. Oh ya, pastikan si server sudah terhubung ke internet dengan koneksi modem (ponsel) Anda. Selain itu, kabel UTP juga harus sudah diterminasi (dicolokin, Red) pada kedua PC/laptop.
  3. Instal AnalogX Proxy di PC/laptop yang difungsikan sebagai server. Setelah Anda jalankan AnalogX Proxy, akan muncul window seperti gambar berikut.

    Jika tidak muncul, klik ikon AnalogX Proxy pada taskbar Windows Anda (berwarna hijau [mode open] atau coklat [mode close]).
    Isi ruas Proxy Binding dengan nomor IP server seperti yang sudah dikonfigurasi sebelumnya. Kemudian klik OK. Jika berhasil, ikon AnalogX Proxy pada taskbar akan berwarna hijau yang menandakan proxy sudah berjalan.
  4. Oke lanjut… Sekarang konfigurasi di PC client-nya. Ga ribet kok, cuma konfigurasi proxy pada browser yang Anda pakai. Isi dengan alamat IP server tadi (10.0.0.1) dengan nomor port 6588. Misal, jika kita menggunakan browser Mozilla Firefox, dapat kita lakukan dengan menuju ke menu Tools > Options. Setelah itu pilih bagian Advanced. Pada panel bawah, pilih tab Network kemudian tekan tombol Settings.... Pilih Manual proxy configuration: dan isi dengan alamat IP server tadi. Jangan lupa! Centang Use this proxy server for all protocols.
  5. Udah dech… Silakan berselancar dech… Tapi, urusan lemot-tidaknya koneksi, ana kaga nanggung lho ya... hehe...