Minggu, 13 November 2011

Health: Tanda-Tanda Awal Kehamilan

Sekilas informasi yang kami dapat dari timeline twitter @blogdokter tentang tanda-tanda awal kehamilan. Buat yang baru nikah nih, atau yang beberapa waktu ke depan mau nikah, barangkali bisa menjadi tambahan ilmu :)
-----

Siang ini saya bahas tentang tanda tanda awal kehamilan kayaknya seru ya... #BD


  1. Telat haid adalah tanda awal kehamilan yang paling umum dirasakan wanita. #BD
  2. Walau merupakan tanda awal kehamilan, jika anda telat haid belum tentu anda hamil walau sebelumnya pernah berhubungan intim. #KB
  3. Gejala awal kehamilan yang juga kerap dialami wanita adalah mood berubah ubah. Suami harus sabar nih. #BD
  4. Gejala awal kehamilan yg mirip dg gejala yg dirasakan wanita saat haid: perut kembung, nyeri dn bengkak pd payudara dn prubahan mood. #BD
  5. Nyeri dan bengkak pd payudara hanya dirasakan bberapa hari saat awal kehamilan, selanjutnya akan hilang sendiri. #BD
  6. Saat embrio melekat pd dinding rahim, wanita akan merasakan adanya flek yg terkadang dikira haid. #BD
  7. Flek pd awal2 kehamilan adalah normal namun bila darah yang keluar berlebihan, segera ke dokter. #BD
  8. Beberapa wanita dpt mengalami penurunan berat badan pd awal masa kehamilan akibat ngidam dan muntah2. #BD
  9. Bila tdk ngidam/muntah2, wanita sudah mengalami kenaikan berat badan di awal kehamilan dan berlanjut pd bulan2 berikutnya. #BD
  10. Mual muntah pd awal kehamilan merupakan sesuatu yg wajar dan dapat berlangsung sepanjang hari. #BD
  11. Mual muntah akan menghilang sendiri pd saat memasuki usia 20 minggu kehamilan. Bila tdk hilang atau berat segera ke dokter. #BD
  12. Guna mengurangi mual muntah saat awal kehamilan bisa mengkonsumsi vitamin B6 atau minum teh jahe. #BD
  13. Sering kencing juga kerap dialami wanita di masa awal kehamilan akibat banyaknya cairan tubuh dn darah sbg imbas kehamilan. #BD
  14. Di awal kehamilan, wanita sering mudah capek atau lelah, diduga akibat perubahan hormonal namun penyebab pasti masih blm jelas. #BD
  15. Bertambah gelapnya puting susu baru dirasakan pd trimester kedua kehamilan dan tidak pd awal kehamilan. #BD
  16. Gerakan bayi bisa dirasakan pd 18-20 minggu usia kehamilan namun ada pula yg sudah merasakan saat usia 13 minggu. #BD