Kamis, 15 Agustus 2013

Re-install MATLAB: Beda Arsitektur Beda Lisensi

Rasanya sudah tidak asing lagi perangkat lunak ini di telinga kita, perangkat lunak yang cukup digandrungi para 'saintekers' (baca: ahli sains dan teknologi) dewasa ini, ya, MATLAB. Betapa banyak penghuni dunia yang sangat piawai dalam menggunakan perangkat lunak (tools) super canggih ini :-D

Tidak perlu berbelit-belit, langsung saja, tulisan singkat ini berfungsi sekedar untuk memberikan informasi kepada Anda (buat yang belum TaHu) sekaligus sebagai catatan pribadi penulis saat ingin memasang-ulang (re-install) MATLAB di PC, khususnya apabila kita sudah memiliki key maupun berkas lisensi hasil aktivasi kita (sebelumnya).

Okay, hal pertama yang perlu kita ketahui adalah arsitektur sistem operasi yang kita gunakan saat kita melakukan aktivasi MATLAB sebelumnya. Jika lisensi yang kita dapatkan sebelumnya merupakan lisensi untuk MATLAB yang dipasang pada sistem operasi 32-bit, maka untuk memasang-ulang MATLAB pada PC kita, kita juga harus menggunakan sistem operasi dengan arsitektur 32-bit. Akan tetapi, bagaimana jika kita sudah terlanjur menggunakan sistem operasi 64-bit? Mudah saja, karena MATLAB sendiri menyediakan 2 (dua) paket installer yang bisa digunakan baik untuk sistem operasi 32-bit maupun 64-bit. Coba perhatikan isi CD (DVD) MATLAB Anda (yang saya gunakan di sini adalah MATLAB versi 7.6 atau R2008a), di sana terdapat dua buah direktori dengan nama "win32" dan "win64". Agar kita dapat memasang MATLAB sebagai aplikasi 32-bit pada sistem operasi 64-bit, maka mulailah proses instalasi dengan menjalankan berkas "setup.exe" yang ada pada direktori "win32". Jika kita mengawali instalasi dengan berkas "setup.exe" yang ada di luar kedua direktori tersebut, maka installer MATLAB tersebut akan secara otomatis mengarahkan instalasi untuk sistem operasi yang sedang kita gunakan (sebagai aplikasi 64-bit, deteksi otomatis by MATLAB).

Jika berkas installer-nya sudah tepat, maka tinggal kita lanjutkan proses instalasinya sebagaimana biasa:
  1. pilih "install manually without using the internet" 
  2. masukkan "file installation key" (semacam serial number)
  3. gunakan berkas "lisensixxx.dat" hasil aktivasi kita sebelumnya ketika melakukan re-aktivasi MATLAB

- done -

Demikian dan semoga bermanfaat...