Sabtu, 10 Desember 2011

Perkawinan GMail dan Google+

Fitur baru yang dikenalkan oleh si 'Mbah' Google kali ini adalah perpaduan antara service free e-mail-nya (GMail) dan social network-nya (Google+). Secara spesifik, si 'Mbah' menambahkan filtering otomatis terhadap pesan e-mail kita berdasarkan lingkaran 'circle' yang sudah kita definisikan di 'Google Plus'-nya. Dengan fitur tersebut, sederhananya, kita dapat memfilter pesan-pesan (percakapan-percakapan) mana saja yang telah dikirim oleh orang-orang yang ada di circle Google+ kita. Coba lihat ilustrasi berikut.

Ilustrasi 1. Tambahan Filtering dari Circles-nya Google+
Dari ilustrasi 1 tersebut, bisa kita lihat adanya tambahan tautan filter (Circles) yang bisa kita pakai sebagai alternatif untuk memfilter pesan kita yang sebelumnya juga bisa kita lakukan dengan menambahkan filter secara manual pada konfigurasi e-mail.

Selain itu, apabila ada orang baru yang mengirim pesan ke kita, dan orang tersebut belum kita add ke circle kita, maka kita bisa menambahkan secara langsung orang tersebut ke circle kita tanpa membuka terlebih dahulu akun Google+. Super sekali :) Check this second illustration out.

Ilustrasi 2. Mudahnya Menambah Orang ke Circle Google+
Sebenarnya masih ada beberapa tambahan fitur lagi. Namun, kiranya cukup sekian. Untuk bahan bacaan lebih lanjut, silakan buka blog resminya ya :)

Referensi: