Sabtu, 23 Februari 2013

Mengubah LAF NetBeans di Ubuntu

Salah satu kelebihan aplikasi berbasis Java adalah tersedianya fasilitas untuk mengubah antarmuka grafis aplikasi yang biasanya disebut sebagai LAF (Look And Feel). Mengapa disebut LAF? Mungkin bisa kita analogikan dengan sebuah Desktop Environment di Linux (GNOME Shell, KDE, LXDE, dsb.), apa yang Anda bayangkan...? Dan saya tidak akan memperpanjang bahasan itu... :) Karena tujuan tulisan saya kali ini adalah menunjukkan kepada Anda (yang belum tahu) bagaimana cara mengubah LAF NetBeans yang berbasis Java itu agar tidak membosankan, apalagi ini adalah aplikasi untuk ngoding yang biasanya prosesnya saja sudah bikin setresssss...

Okay, let's turning this way...

LAF default NetBeans biasanya mengikuti native sistem operasinya, jika Anda menggunakan Windows ya berarti tampilannya mirip aplikasi-aplikasi Windows pada umumnya, begitu pula jika Anda menggunakan Ubuntu (misal menggunakan GNOME-Shell DE), tampilannya akan mirip aplikasi-aplikasi yang dikembangkan dengan GTK Toolkit.

Cara mengubah LAF NetBeans di Ubuntu cukup mudah, karena NetBeans sendiri telah menyediakan file spesifik yang berisi konfigurasi-konfigurasi, yang bisa kita ubah tentu saja. File tersebut bisa kita temukan di:

$NETBEANS_HOME/etc/netbeans.conf

$NETBEANS_HOME di situ adalah direktori utama tempat NetBeans Anda terpasang, misal, di komputer saya ada di /usr/local/netbeans-7.3/. Untuk mengubah LAF-nya, tinggal tambahkan opsi berikut (jika Anda ingin mengubah LAF-nya ke jenis Metal) pada isi variabel netbeans_default_options:

--laf javax.swing.plaf.metal.MetalLookAndFeel

sehingga, yang awalnya (misal) seperti ini:

netbeans_default_options="-J-client -J-Xss2m -J-Xms32m -J-XX:PermSize=32m -J-Dapple.laf.useScreenMenuBar=true -J-Dapple.awt.graphics.UseQuartz=true -J-Dsun.java2d.noddraw=true -J-Dsun.java2d.dpiaware=true -J-Dsun.zip.disableMemoryMapping=true -J-Dsun.awt.disableMixing=true"

menjadi:

netbeans_default_options="-J-client -J-Xss2m -J-Xms32m -J-XX:PermSize=32m -J-Dapple.laf.useScreenMenuBar=true -J-Dapple.awt.graphics.UseQuartz=true -J-Dsun.java2d.noddraw=true -J-Dsun.java2d.dpiaware=true -J-Dsun.zip.disableMemoryMapping=true -J-Dsun.awt.disableMixing=true --laf javax.swing.plaf.metal.MetalLookAndFeel"

Jika sudah, silakan jalankan (ulang) NetBeans Anda..
Mari lihat contoh penampakan NetBeans dengan LAF yang telah diubah ke Metal.


Demikian, semoga bermanfaat. :)