Senin, 23 Februari 2015

Kumpulan Doa Haji: Edisi Padat

Saat hendak pergi ke tanah suci (بيت اللـه المحرم), entah urusan haji kecil (umrah) ataupun haji besar (haji yang sekarang ngantrinya tahunan), pastinya Bapak, Ibu, Saudara, atau Anda sendiri akan disibukkan dengan proses manasik. Kalau Anda tidak tahu apa itu manasik, silakan buka KBBI :) Nah, hal itu juga dilakukan oleh Simbah saya yang kebetulan juga In sya Allah akan naik haji tahun 1436 H ini.

Manasik identik dengan belajar, entah belajar mengenai tata cara haji, rukun-rukun, pengenalan lingkungan, hingga pengenalan doa-doa yang bisa dibaca saat menjalaninya. Nah, masalahnya adalah, iya kalau yang mengikuti manasik itu orang yang masih muda, yang masih enerjik, yang masih kuat daya ingatnya. Kalau yang hendak berangkat ternyata umurnya sudah sepuh (berumur)? Hehe, kebayang kan gimana susahnya...


Untuk menangani masalah itu, pihak KBIH (pembimbing) biasanya menyediakan buku 'saku' yang berisi terutama tentang doa-doa terkait dengan rangkaian ibadah haji. Buku tersebut akan selalu dibawa kemana-mana sama Mbah-Mbah yang sudah sepuh dengan tujuan jika sewaktu-waktu 'penyakit lupanya' kambuh ^^ Tapi tidak menutup kemungkinan dibawa sama yang selain mbah-mbah lho ya... Saya sempat melihat buku saku yang dimiliki oleh Simbah. Saat menemui beliau, beliau meminta kepada saya untuk --bagaimana caranya-- membuat buku saku itu bisa benar-benar dipegang dengan enak, tidak memberatkan. Secara, kalau sudah mendengar kata buku, pastinya akan terdiri atas berlembar-lembar. Masa iya, kita harus bolak-balik dulu halaman per halaman untuk mencari-cari doa yang harus dibaca. Sehingga, muncul ide untuk memampatkan doa-doa yang ada pada buku saku itu agar bisa muncul dalam 1 halaman atau paling tidak 2 halaman kertas A4. Dengan demikian, otomatis, untuk melakukan pencarian terhadap doa-doa yang diinginkan akan jauh lebih mudah, karena search space-nya jauh lebih kecil, karena terdiri tidak lebih atas 2 lembar (1 lembar bolak-balik).

Nah, untuk itu, saya di sini bermaksud membagi doa-doa yang sudah saya mampatkan tersebut di blog ini. Tapi, maaf ya, tanpa disertai arti. Karena, tujuan pembuatannya memang agar doa-doa bisa ditampilkan secara compact. Barangkali ada di antara Anda yang butuh, Anda bisa mencetaknya sendiri atau sekedar membaca-bacanya menggunakan ponsel pintar Anda. Siapa tahu Anda dikaruniai rizki untuk bisa menunaikannya beberapa saat lagi :) Aamiin... Monggo unduh di sini: